Kolam Renang Kecil Untuk Rumah: Berenang gak Harus Mahal

By | Februari 11, 2018

kolam renang kecil murah

Selain dekorasi rumah yang unik, rumah yang ada kolam renangnya juga terlihat adem dan menyenangkan, tetapi semahal apakah untuk bisa mendapatkan sebuah kolam renang pribadi? Minimal untuk si kecil bermain dengan air?

Mengapa harus kolam renang dan berenang di rumah sendiri?

Salah satu olah raga yang menyehatkan dan juga digemari oleh banyak orang adalah berenang. Olah raga ini sangat menyenangkan dan mampu membuat semua anggota keluarga bahagia.

Berenang bisa memberikan efek pada gerakan semua tubuh khususnya kaki, tangan, leher dan kepala. Adanya gerakan pada leher atau kepala akan membantu menjaga keseimbangan sirkulasi darah atau saraf dari tubuh ke otak.

Tentu saja hal ini menyehatkan apalagi untuk Anda yang sering menggunakan komputer berjam-jam yang bisa menyebabkan kekakuan di leher atau pundak. Berenang juga merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka senang bermain air.

Hanya saja, kadang walaupun kita ingin berenang, tetapi kita menjadi malas karena untuk berenang kita harus mencari kolam berenang yang mungkin tidak begitu dekat dengan tempat tinggal kita.

Kita pun menjadi malas karena kesannya jadi repot. Belum lagi harus membawa handuk, baju ganti, peralatan mandi dan lain-lain. Selain itu, tidak semua kolam renang umum mempunyai harga yang terjangkau. Bila ada pun biasanya fasilitas ataupun kualitas kolam renangnya tidak terlalu mumpuni.

Belum lagi bagi wanita, terkadang mereka malas pergi ke kolam renang karena merasa privasi mereka tidak terjaga terutama karena mereka harus menggunakan baju renang dan ada orang lain yang berada di kolam tersebut.

Untuk mengatasi berbagai macam kendala yang disebutkan di atas, membuat kolam renang sendiri bisa menjadi solusi. Apalagi bila Anda mempunyai lahan untuk membuat kolam tersebut.

Tapi, membuat kolam renang terdengar mahal apalagi jika Anda mendengar penjelasan mengenai kolam renang melalui kontraktor atau konsultan. Padahal, membuat kolam renang bisa disiasati dan dengan budget minim. Anda bisa mencoba untuk membuat kolam renang mini.

Kolam renang mini ini bisa berukuran antara 5 x 2.5 meter dengan kedalaman antara 70cm sampai 180cm. Volume air yang akan dibutuhkan untuk kolam ini pun sekitar 10 sampai 15 kubik. Manfaat kolam renang ini bisa dijadikan tempat bermain anak, apalagi yang sedang berkembang.

Selain itu, kolam renang juga bisa dijadikan area berkumpul keluarga, dengan area lahan tanah atau lantai tentunya. Anda bisa melakukan pesta kebun di sekitar kolam renang tanpa harus keluar rumah. Nilai jual rumah Anda pun akan bertambah dengan adanya kolam renang ini.

Sebelum Anda memutuskan membuat kolam renang ini, ada baiknya Anda melakukan kalkulasi biaya bangun kolam renang. Anda bisa mengkalkulasi biaya dengan melihat material, desain dan luas kolam yang akan dibuat. Cari tahu harga pembuatan kolam per meter perseginya.

Biasanya untuk kolam renang mini, Anda memerlukan budget paling minim sekitar Rp 10 juta. Ada 3 biaya pokok dalam pembangunan kolam renang yaitu konstruksi, biaya kelengkapan kolam seperti sistem filter, pompa air, tangga kolam, dan lain-lain, dan biaya perawatan.

Untuk biaya konstruksi biasanya dipengaruhi sistem pondasi, ketebalan dinding beton, dan dasar kolam renang. Untuk rincian pengeluaran dalam membangun kolam renang ini adalah;

  1. Biaya konstruksi + cor + upah tukang
  2. Biaya pembelian keramik
  3. Biaya alat sirkulasi air
  4. Biaya peralatan sirkulasi air kolam
  5. Biaya alat penyedot dari bak penampungan limpahan ke penyaringan
  6. Biaya alat penyedot endapan kotoran di dasar kolam
  7. Biaya penjernih air (kaporit, tawas soda api, terusi)
  8. Biaya instalasi listrik ke mesin pompa dan lampu sekitar kolam
  9. Beli air pada pemasok air isi ulang (untuk Anda yang ingin lebih praktis)

Bila Anda telah memiliki kolam, tentu hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah perawatan kolam. Untuk perawatan awal pada kolam renang Anda, lakukanlah langkah-langkah berikut:

  • Isi air kolam sampai penuh. Anda bisa membeli air tangki, atau mengisi dengan air di rumah Anda sendiri. Memamg memakan waktu, tetapi bisa lebih hemat.
  • Setelah penuh, taburkan kaporit sekitar satu kilo. Untuk harga kaporit 1 kg sekitar Rp 20rb. Diamkan selama sehari.
  • Esoknya, air kolam bisa tampak kuning atau kehijau-hijauan. Jangan kaget karena proses ini adalah proses pengejutan kolam. Pada proses ini alga, lumut, dan bakteri akan mati oleh kaporit dan bercampur dengan air. Setelah itu, masukan soda api sekitar ½ kg (harga soda api sekitar Rp 20rb per kg nya) dan tawas sekitar 3 sampai 4 kg (harga tawas sekitar Rp 6rb/kg). Soda api ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dari dinding kolam, dan tawas untuk mengikat kotoran (proses koagulasi) yang kemudian jatuh dan mengendap ke dasat kolam. Untuk memasukan soda api, Anda hanya perlu menaburkannya ke dalam kolam, begitu pula dengan tawas, Anda bisa memecah-mecah tawas terlebih dahulu ataupun menggilingnya hingga bubuk.
  • Nyalakan alat penyaringan dan larutan air tawas yang timbul dari proses pelarutan di bawah keran wadah akan teralisrkan dengan sendirinya ke kolam.
  • Setelah proses koagulasi, air kolam akan terlihat bersih, bening dan biru. Di dasar kolam akan terlihat endapan berwarna coklat. Endapan ini bisa dibersihkan dengan alat sedot.
  • Jika seluruh endapan sudah dibersihkan dan air kolam sudah jernih, maka kolam akan tampak biru dan siap digunakan. Anda bisa menambahkan terusi satu genggam setiap 3 atau 4 hari sekali untuk warna kolam yang lebih biru dan mengkilat. Harga terusi ini sekitar Rp 25rb.
  • Lakukan proses sirkulasi setiap 6-8 jam agar kolam selalu siap untuk dipakai berenang.
  • Bila air kolam berkurang, Anda bisa menambahkan air kembali ke dalam kolam. Untuk mencegah pertumbuhan alga atau lumut, Anda bisa menaburkan kaporit setiap 3 atau 4 hari sekali sebanyak 1 atau 2 genggam, dan lakukan proses sirkulasi setiap haris setidaknya selama 6 sampai 8 jam agar kolam tetap bersih.

Itulah sedikit informasi mengenai kolam renang kecil yang bisa Anda miliki di rumah Anda dan bagaimana cara merawatnya. Tertarik untuk memiliki kolam renang pribadi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *