3 Alasan Utama Mengapa Orang Menjual Rumah Miliknya

By | Januari 28, 2018

Rumah adalah kebutuhan “utama” di dalam kehidupan manusia karena merupakan tempat bernaung dan berlindung dari teriknya matahari, derasnya hujan dan juga bahaya di luar rumah. Hampir semua manusia di dunia ini ingin memiliki rumah sendiri dan setiap orang pasti akan berusaha untuk memilikinya. Besar kecilnya rumah bukanlah menjadi permasalahan yang utama, selama manusia bisa memiliki rumah sendiri.

kebutuhan rumah

Namun terkadang, ada keadaan atau situasi tertentu yang memaksa seseorang untuk menjual rumah mereka, lihat saja banyaknya rumah dijual di halaman listing ini, timbul pertanyaan sepenting apakah urusan sehingga harus menjual hal yang sangat utama?

Banyak alasan yang mendasari seseorang akhirnya memutuskan untuk menjual rumah yang sudah mereka huni. Bagi sebagian orang ataupun bagi mereka yang belum memiliki rumah sendiri, pasti merasa heran dan juga penasaran mengapa ada orang yang harus menjual rumahnya. Ada 3 alasan utama yang melatar belakangi seseorang untuk menjual rumah miliknya.

  1. Desakan Keuangan

Seringkali karena ada desakan keuangan yang membutuhkan dana cepat memaksa seseorang untuk akhirnya menjual rumahnya. Uang yang didapatkan dari hasil menjual rumah tersebut bisa jadi dipakai untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan yang saat itu mendesak untuk dipenuhi seperti biaya berobat, biaya menyekolahkan anak, ataupun untuk membayar hutang.

Namun sebenarnya menjual rumah tidak bisa diartikan sebagai jalan untuk mendapatkan dana cepat karena proses jual beli rumah cukup rumit dan tidaklah mudah untuk mendapatkan pembeli yang tepat.

Proses pemasaran yang tidak tepat pun bisa menjadi salah satu alasan mengapa rumah lama terjual. Jika Anda berniat atau terpaksa menjual rumah Anda karena membutuhkan uang, Anda bisa mempertimbangkan langkah-langkah berikut ini misalnya memberitahu orang-orang terdekat Anda baik itu keluarga, kerabat ataupun teman-teman sebagai upaya secara tidak langsung untuk mendapatkan bantuan pemasaran rumah yang ingin Anda jual tersebut.

Anda juga bisa mengiming-ngimingi komisi kepada mereka apabaila orang terdekat Anda berhasil mendapatkan pembeli yang bersedia membeli rumah Anda. Dengan adanya komisi, biasanya orang akan lebih termotivasi untuk membantu mempromosikan rumah yang ingin Anda jual tersebut.

Anda juga bisa memasang iklan di koran atau media cetak agar jangkauan promosi Anda lebih luas lagi. Cantumkanlah informasi yang lengkap mengenai kisaran harga, luas bangunan, fasilitas rumah, alamat dan lain-lain.

Bila Anda mengiklankan rumah Anda secara online, jangan lupa untuk menyertakan beberapa foto rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Dengan media sosial ini, Anda bisa lebih memperluas lagi promosi penjualan Anda karena siapapun bisa melihat dan membagikan postingan Anda di media sosial.

Bila kebutuhan Anda sangat mendesak, Anda bisa menggunakan jasa agen broker properti. Memang Anda harus membayar komisi kepada agen broker, tetapi dengan menggunakan broker, Anda akan memperoleh 3 keuntungan agar rumah Anda cepat terjual.

Yang pertama adalah seorang agen broker akan lebih mampu menentukan nilai jual properti Anda sesuai dengan harga pasaran. Jadi Anda tidak akan menetapkan harga yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Yang kedua, seorang broker memiliku jaringan koneksi dan pasar yang lebih luas. Mereka tahu kemana dan kepada siapa mereka mempromosikan atau menjual rumah Anda.

Dan yang ketiga, seorang broker tentunya sudah memiliki jam terbang dalam menjual properti. Mereka telah memiliki banyak pengalaman dalam menjual properti sehingga mereka sudah mengetahui langkah-langkah apa yang harus diambil dan bagaimana cara menjual properti Anda agar cepat laku.

  1. Pindah Kota atau Pindah Rumah

Alasan utama lain seseorang bisa menjual rumah miliknya adalah karena dia sudah pindah rumah. Hal ini bisa disebabkan karena pindah kerja, menikah, atau karena sudah pinda ke rumah yang lebih besar.

Mereka yang menjual rumah karena alasan pindah biasanya akan memberikan harga yang lebih miring dari harga pasaran agar rumah tersebut bisa cepat terjual. Bahkan ada pula sebagian orang yang menjual rumahnya beserta dengan furnitur di dalamnya.

Menemukan orang yang menjual rumah beserta furnitur di dalamnya bisa jadi adalah hal yang menguntungkan bagi pemiliknya. Terlebih bila harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga pasaran. Tentu saja harga miring tersebut berasal dari niat si pemilik rumah agar bisa menjual rumahnya dengan cepat.

  1. Mencairkan Investasi

Properti adalah salah satu bentuk properti yang banyak diminati oleh banyak orang. Bisnis ini diminati karena kemungkinan harga properti yang selalu meningkat setiap tahunnya akan membuat si pemilik properti meraup keuntungan dari bisnis tersebut.

Properti pun bisa menjadi aset yang sangat berharga di masa depan bila menimbang kelangkaan lahan tempat tinggal yang berbanding terbalik dengan pesatnya pertumbuhan manusia.

Tentu saja bisnis properti ini tidak bisa dikatakan mudah karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan juga diperhitungkan agar rumah atau properti yang akan menjadi investasi kelak memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi daripada harga belinya.

Diperlukan informasi yang detail dan juga insting kuat untuk bisa memprediksi nilai jual suatu properti di masa yang akan datang. Bila Anda berminat untuk menginvestasikan unag Anda di bisnis properti, pastikan Anda memperhatikan hal-hal seperti lokasi, fasilitas dan rencana pemerintah dalam pengembangan suatu daerah. Hal-hal tersebut akan membantu Anda untuk memprediksi bagaimana potensi properti tersebut nantinya.

Jadi boleh jadi bila ada yang menjual rumahnya adalah karena mereka ingin mencairkan investasi mereka karena dirasa harga jual rumah tersebut saat ini sudah bisa memberikan keuntungan bagi si pemilik.

Itulah 3 ulasan utama yang bisa mendasari seseorang untuk menjual rumah miliknya. Tentunya masih banyak alasan personal lain untuk menjual rumah seseorang. Apakah Anda adalah salah seorang yang berencana menjual rumah Anda? Jadi, mengapa Anda ingin menjual rumah Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *